Saat Si Kecil Minder karena Tak Merasa Cantik, Ini yang Perlu Dilakukan Ibu

Sebagai seorang ibu tentu ingin putri kecil Anda tumbuh menjadi sosok wanita yang cantik dan percaya diri. Namun tak sedikit anak yang merasa dirinya selalu merasa kekurangan sehingga ia sering minder dengan teman-temannya. Penulis Fira Basuki mengatakan anak harus dilatih menumbuhkan kepercayaan diri sejak dini karena hal itu akan berpengaruh terhadap perkembangan psikologisnya.

Bila buah hati tercinta dibiarkan minder tanpa diberitahu oleh sang ibu bisa terbawa hingga masa depan. Oleh sebab itu, ketika anak merasa minder karena temannya lebih cantik, Fira menyarankan untuk melakukan hal-hal berikut:

1. Berikan Pengertian
Wanita 43 tahun asal Surabaya itu menyarankan untuk memberikan pengertian kepada anak. Ia mencontohkan, putri kecilnya memiliki kulit gelap sehingga tidak percaya diri. Mendengar keluhan sang anak, Fira berusaha memberikan pengertian dengan bahasa yang sederhana namun mudah dimengerti oleh putrinya.

“Dia harus mengerti cantik versi dirinya sendiri bukan orang lain. Anak saya kebetulan berkulit gelap, supaya dia nggak minder saya selalu katakan kamu itu orang Indonesia. Wanita Indonesia kulitnya beragam ada kuning, putih, gelap, dan berkulit gelap itu tetap cantik bahkan terlihat lebih eksotik,” papar Fira saat ditemui di toko buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (26/1/2015).

Saat Si Kecil Minder karena Tak Merasa Cantik, Ini yang Perlu Dilakukan Ibu

2. Ajarkan Anak Merawat Kulit
Menurut Fira, wanita cantik tidak hanya berdasarkan struktur wajah tapi kebersihan kulitnya. Wanita yang terlihat bersih akan tampak lebih memesona daripada yang tak pernah merawat kulitnya. Pimpinan salah satu majalah wanita Indonesia itu pun menyarankan untuk mengajarkan anak merawat kulit sejak dini.

“Investasi kulit sejak dini itu penting. Anak saya remaja nggak jerawatan karena dia rajin membersihkan kulit. Manfaatnya nggak hanya itu, juga bisa mencegah penuaan dini,” ujar wanita lulusan Communication Public Relation di Pittsburg State University, Amerika Serikat itu.

3. Berikan Contoh
Fira menuturkan sebagai orangtua tak hanya menasihati anak tapi juga memberikan contoh termasuk untuk merawat kecantikan kulit. Ajarkan hal-hal yang mudah saja seperti selalu mencuci tangan, muka, dan tidak membersihkan diri. Fira menekankan agar anak selalu menjaga kebersihannya untuk meningkatkan rasa percaya diri.

“Sebenarnya dari kecil harus sudah dibiasakan, saat masih balita diingatkan wajahnya jangan lupa dibersihin ya, ini kotor ayo cuci tangan, tangan yang kotor jangan pegang muka. Sejak balita sudah dikasih tahu saja untuk bisa investasi kulit karena itu berpengaruhnya jangka panjang,” tambahnya.
[wolipop.detik.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s