Jadwal PDSS Siswa 2016 Paling Lambat Sabtu, Jika Telat Siswa Tak Bisa Ikut SNMPTN

Jadwal PDSS siswa 2016 paling lambat pada Sabtu, 20 Februari pukul 23.59 WIB. saat ini, dilaporkan jika masih ada lebih dari 6.000 sekolah yang belum memperbarui data PDSS mereka. Jika pengisian terlambat, siswa sekolah yang bersangkutan terancam tidak bisa mendaftar SNMPTN 2016.

Jadwal PDSS Siswa 2016 Paling Lambat Sabtu, Jika Telat Siswa Tak Bisa Ikut SNMPTN

PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa adalah sistem informasi penyimpanan data nilai rapor siswa dalam rangka pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Dalam pengisian PDSS tahun, sekolah dapat memilih jenis kurikulum yang digunakan (Kurikulum 2006 atau 2013), dan skala nilai yang diterapkan pada rapor. Nilai ini dimasukkan ke sistem online PDSS bersamaan dengan periode penilaian rapor siswa tiap semester.

Namun disebutkan oleh Koordinator Kelompok Kerja Hubungan Masyarakat (Pokja Humas) SNMPTN 2016 Bambang Hermanto kepada Jawa Pos, hingga Kamis (18/2) kemarin, masih tersisa 6.387 unit sekolah yang belum memperbarui data PDSS mereka. Sementara 16.502 yang lain, sudah. Padahal, batas akhir dari update PDSS ini ada pada esok hari Sabtu pukul  23.59 WIB.

Bambang Hermanto menyebut, jika sekolah tidak melakukan update data PDSS, akan ada kerugian pada siswa mereka. Pasalnya, kerugian paling besar, seluruh siswa di sekolah tadi, tidak bisa mendaftar SNMPTN 2016. Bambang menambahkan, bisa saja nilai rapor yang diunggah di situs PDSS keliru, sehingga jika waktu update PDSS dibuat mepet, otomatis sekolah juga tidak punya banyak waktu untuk mengoreksi nilai rapor siswa yang tertera.

Siswa sendiri, memiliki kesempatan untuk mengecek dan mengajukan revisi atas nilai rapor mereka. Dalam perhitungan Bambang, jika Jumat ini banyak sekolah yang mengisi data PDSS, maka siswa bisa melakukan revisi pada Sabtu esok.

Rangkaian SNMPTN 2016 sendiri dimulai dengan pengisian dan verifikasi PDSS, pada 18 Januari hingga 20 Februari mendatang. Kemudian diikuti dengan pendaftaran SNMPTN pada 29 Februari hinga 12 Maret 2016. Kartu tanda peserta bisa dicetak dalam rentang 22 Maret – 21 April.

Proses seleksi SNMPTN 2016 berlangsung pada 24 Maret hingga 8 Mei. Dua hari setelah proses seleksi selesai, pada 10 Mei 2016, panitia akan mengumumkan hasil seleksi. Verifikasi rapor fisik dan daftar ulang peserta SNMPTN tahun ini dilakukan pada 31 Mei. Atas dasar itulah, pengisian dan update PDSS sangat penting.

Foto: pmb.unlam.ac.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s