Masjid Nando: Masjid Unik Yang Dibangun Oleh Bangsa Jin

Masjid Nando, nama masjid ini mungkin terdengar asing bagi kita, karena memang masjid ini tidak berada di Indonesia tapi di Desa Nando, Mali, Afrika Barat. Konon masjid ini dibangun oleh bangsa Jin. Keyakinan masyarakat setempat ini muncul lantaran melihat struktur bangunan masjid serta materi yang digunakan untuk membangun. Seluruhnya tampak aneh dan tidak kental nuansa mistis.

Masjid Nando
Masjid Nando Di Mali, Afrika Barat


Masjid yang terletak di kampung Nando, Mali, Afrika Barat, ini dibangun pada sekitar abad ke-12 Masehi, Yang menjadikannya masjid ini unik adalah, di bagian atap masjid tidak terdapat adanya kubah, dan Seluruh bangunan ini hanya dilapisi lumpur, termasuk lantai dalam masjid.

Baca Juga: Ratusan Tahun Terpendam, Masjid Ini Kembali Ditemukan di Mekkah


masjid unik
Pintu Masuk Samping Masjid Nando



Bahkan bagian tepi lantai, tetap dibiarkan lebih tinggi dari bangunan yang lain dan menyerupai pinggiran benteng dengan bentuk lama. Meski demikian, pada tiap sisi dalam bangunan masjid dihiasi dengan tulisan kaligrafi yang juga terbuat dari lumpur.

Masjid Aneh
Kaligrafi di Dinding Masjid Nando



Jika Anda melihat struktur bangunannya yang terlihat tidak seperti masjid umumnya, bahan yang digunakan untuk membangun masjid yaitu berupa lumpur, hingga adanya bekas tapak kaki raksasa pada salah satu sisi masjid. Banyak yang beranggapan bahwa Kaki itu adalah Kaki dari salah satu penguasa Jin Muslim di negara Mali.

Masjid Nando: Masjid Unik
Masjid Nando: Masjid Unik Yang Dibangun Oleh Bangsa Jin



Keberadaan Masjid Nando tidak terlepas dari pengaruh dan masuknya Islam ke Afrika Barat pada abad IX Masehi. Pada waktu itu, ajaran Islam dibawa oleh para pedagang Muslim dari suku Tuareg dan Berber. Keduanya merupakan suku nomad yang suka mengembara di gurun sahara selatan dan Sahel utara.

Baca Juga: Inilah Pohon Berusia 1400 Tahun Yang Jadi Saksi Keagungan Nabi


Masjid Nando: Masjid Unik Yang Dibangun Oleh Bangsa Jin
Bagian Depan Masjid nando


Terlepas dari itu semua, seperti halnya masjid-masjid lain yang ada di dunia, Masjid Nando juga digunakan sebagai tempat ibadah bagi kaum muslim di Desa Nando, sekaligus menjadi salah satu objek wisata yang menarik bagi wisatawan manca negara. Masyaallah Laa Quwwata illa Billah!![kabarmakkah]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s